@thesis{thesis, author={Rachmawati Lina}, title ={Pengembanganِ e-modul interaktif berbasis contextual teaching and learning CTL pada pokok bahasan persamaanِ linearِ satuِ variabel}, year={2023}, url={http://eprints.uad.ac.id/77341/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran matematika. Smartphone hanya digunakan untuk menonton video dari YouTube yang dibagikan guru melalui group WhatsApp sehingga kurang dimanfaatkan secara maksimal. Di sisi lain peserta didik masih kesulitan dalam menyelesaikan sebuah soal cerita yang berhubungan dengan masalah kontekstual. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa E-Modul interaktif berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) bagi peserta didik kelas VII, serta mengetahui kevalidan dan kepraktisan produk tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, & Evaluation). Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII D SMP Negeri 1 Jetis tahun ajaran 2022/2023 dengan lima peserta didik pada uji kelas kecil dan 30 peserta didik pada uji kelas besar. Metode pengumpulan data yaitu dengan wawancara untuk tahap pra penelitian dan juga angket untuk uji validasi dan kepraktisan. Tahap analisis data dilaksanakan dengan melakukan perhitungan dan analisis hasil uji kevalidan dari ahli materi dan media, serta hasil uji kepraktisan dari peserta didik pada uji kelas kecil dan besar. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan penilaian E-Modul interaktif memperoleh rata-rata 3,68 oleh ahli materi dengan kategori sangat valid dan rata-rata 3,6 oleh ahli media dengan kategori sangat valid. Sedangkan untuk respon peserta didik memperoleh presentase sebesar 90,72% pada uji coba kelas kecil dengan kriteria sangat praktis dan memperoleh presentase sebesar 85,95% dengan kriteria sangat praktis pada uji coba kelas besar. Berdasarkan hasil tersebut maka diperoleh kesimpulan bahwa E-Modul interaktif berbasis CTL sangat valid dan sangat praktis sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.} }