@thesis{thesis, author={Purwaningsih Ikah Yulia}, title ={Pengembangan E-modul untuk meningkatkan literasi membaca pada materi ipas siswa kelas V SD}, year={2023}, url={http://eprints.uad.ac.id/77506/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya minat baca siswa siswa terutama dalam membaca kembali materi yang telah dipelajari disekolah terutama pada materi IPAS. Maka dalam hal ini diperlukan bahan ajar yang menarik dan adapat dibuka dimanapun hanya dengan menggunakan handphone, laptop dan komputer. Bahan ajar yang cocok digunakan siswa keteika di sekolah dan di rumah adalah bahan ajar elektronik berupa e-modul. Penelitian ini bertujuan dapat mengembangan bahan ajar berupa modul yang dikemas secara elektronik (e-modul) untuk mengenalkan kepada siswa mengenai teknologi yang semakin maju. Karena penggunaan e-modul dalam pembelajaran untuk meningkatkan literasi membaca dapat dengan mudah digunakan oleh siswa dimana saja dan kapan saja, sehingga peserta didik dapat dengan mudah untuk menggunakannya sebagai media pembelajaran yang dapat mendukung siswa dalam proses pembelajaran dan meningkatkan literasi membaca pada materi IPAS pada siswa di kelas V. Metode penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model pengembangan Bord and Gall (Research and information collecting, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, main product revision, main field testing, operational product revision). Subjek yang diambil oleh peneliti yaitu kelas yang terdiri dari 20 siswa pada kelas V SD. Hasil uji coba kelayakan e-modul untuk meningkatkan literasi membaca pada materi IPAS siswa kelas V SD dapat diketahui dari hasil penelitian angket dari ahli materi, ahli pembelajaran, ahli bahasa, ahli media dan siswa. Hasil penelitian memperoleh persentase 85% dalam ketegori ?Sangat Layak? oleh para ahli dan hasil penelitian memperoleh persentase 84,62% dalam ketegori ?Sangat Layak? oleh siswa. Maka dari itu, e-modul untuk meningkatkan literasi membaca pada mata pelajaran IPAS siswa kelas V dinyatakan layak untuk digunakan siswa dalam kegiatan pembelajaran ketika di sekolah dan di rumah. Hasil uji coba e-modul dalam meningkatkan literasi membaca pada mata pelajaran IPAS siswa kelas V SD karena pada e-modul dilengkapi dengan animasi gambar dan menggunakan font yang memudahkan siswa untuk membacanya sehingga menarik siswa untuk membaca dan e-modul sebagai media yang berbentuk elektronik untuk memudahkan siswa dalam kegiatan pembelajaran ketika disekolah dan dirumah. Dapat diketahui dari saran dan komentar ahli materi, ahli pembelajaran, ahli bahasa, ahli media dan siswa secara keseluruhan e-modul yang dikembangkan sudah layak digunakan sebagai media untuk meningkatkan litetasi membaca pada materi IPAS di kelas V.} }