@thesis{thesis, author={NOVITASARI DEVI}, title ={STRATEGI PENGELOLAAN PENGADUAN PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI SP4N-LAPOR!}, year={2021}, url={http://eprints.ubhara.ac.id/1209/}, abstract={ABSTRAK; Aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Merupakan Aplikasi LAPOR! adalah layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan rakyat secara daring yang terintegrasi dalam pengeolaan pengaduan secara berjenjang pada setiap penyelenggara pelayanan publik dan dikelola oleh kementrian PAN RB RI dengan Kantor Staf Presiden dan Ombudsmn Republik Indonesia. Strategi Pengelolaan Pengaduan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan menggunakan Aplikasi S4PN LAPOR! Untuk Mengatasi Pengaduan SP4N-LAPOR! Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik perlu dilakukan secara berkelanjutan dan konsisten dalam upaya mewujudkan pelayanan prima dan berkualitas. Kita ketahui bahwa paradigma pelayanan publik berkembang dengan fokus pengelolaan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan/ masyarakat. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan feedback dari masyarakat sebagai pengguna layanan. Salah satu bentuk feedback yang dapat dilakukan masyarakat sebagai pengguna layanan adalah melalui pengaduan di Pemerintah Provinsi Jawa Timur Untuk Mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik dan peningkatkan efektifitas pengelolaan pengaduan. Strategi Pengelolaan Pengaduan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan menggunakan Aplikasi SP4N-LAPOR! Aplikasi berbentuk elektronik tersebut merupakan bentuk dari e-government yang bertujuan untuk memberikan pelayanan publik (publik service) kepada masyarakat yang baik (good service)} }