@thesis{thesis, author={ERIKA ANIS}, title ={PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mahasiswa Universitas Bhayangkara Surabaya)}, year={2020}, url={http://eprints.ubhara.ac.id/772/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan apakah terdapat pengaruh secara simultan dan parsial anatara variabel kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Universitas Bhayangkara Surabaya. Metode penelitian yang digunakanadalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder berupa kuesioner penelitian yang ada di Universitas Bhayangkara Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Bhayangkara Surabaya sebesar 4.331 orang. Sampel yang diambil sebesar 98 sebagai responden. Penelitian ini menggunakan alat uji regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji F, Uji t dan penentuan variabel dominan. Variabel independen dalam penelitian ini terdiri dari kecerdasan intelektual (X1), kecerdasan emosional (X2) dan kecerdasan spiritual (X3). Sedangkan untuk variabel dependen adalah prestasi belajar (Y). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual berpengaruh terhadap prestasi belajar dengan fhitung sebesar 314,317 lebih besar dari ftabel yaitu 2,70 dannilai Sig. sebesar 0,000 yang berarti di bawah 0,05 (alpha 5%).Secara parsial variabel Kecerdasan Intelektual berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar dengan nilai thitung sebesar 5,800 lebih besar dari ttabel yaitu 1,66105 dannilai Sig. sebesar 0,000 yang berarti di bawah 0,05 (alpha 5%).Untuk variabel Kecerdasan Emosional secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajardengan nilai thitung sebesar 7,434 lebih besar dari ttabel yaitu 1,66105 dan nilai Sig. sebesar 0,000 yang berarti di bawah 0,05 (alpha 5%). Untuk variabel Kecerdasan Spiritual secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajardengan nilai thitung sebesar 4,433 lebih besar dari ttabel yaitu 1, 66105 dan nilai Sig. sebesar 0,000 yang berarti di bawah 0,05 (alpha 5%). Secara dominan variabel yang mencapai nilai dominan adalah variabel Kecerdasan Emosional dengan koefisien beta sebesar 0,483 atau 48,3%.} }