@thesis{thesis, author={PRATIWI SHERLY YUNITA}, title ={PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI KEUANGAN PADA MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS BHAYANGKARA SURABAYA}, year={2020}, url={http://eprints.ubhara.ac.id/793/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Keuangan pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Bhayangkara Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Surabaya. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sample sebanyak 137 mahasiswa dari angkatan tahun 2013, 2014, 2015, dan 2016. Penelitian menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data melaui menyebarkan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda dengan menggunaan uji F, uji t, serta melihat pengaruh dominan dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual berpengaruh secara simultan terhadap Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Keuangan Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Bhayangkara Surabaya diperoleh dengan nilai Fhitung sebesar 1360,849 > nilai Ftabel sebesar 2,670 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, sedangkan pengaruh secara parsial yang signifikan melalui uji t diperoleh nilai thitung untuk masing-masing variabel bebas yaitu variabel Kecerdasan Intelektual (X1) sebesar 2,792, Kecerdasan Emosional (X2) sebesar 2,054, dan Kecerdasan Spiritual (X3) sebesar 2,932 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,65639. Maka variabel Kecerdasan Spiritual (X3) berpengaruh dominan terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Keuangan Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Bhayangkara Surabaya (Y).} }