@thesis{thesis, author={ROSYADI MUHAMMAD HAFIDZ AMRI}, title ={APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN ALAT MUSIK DAERAH DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY}, year={2020}, url={http://eprints.ubhara.ac.id/884/}, abstract={Aplikasi Media Pembelajaran Alat Musik Daerah Di Indonesia Menggunakan Teknologi Augmented Reality dibangun untuk mempermudah masyarakat umum guna menambah ketertarikan dalam belajar kebudayaan bangsa Indonesia. Pada tahapan awal pembuatan Aplikasi Media Pembelajaran Alat Musik Daerah Di Indonesia Menggunakan Teknologi Augmented Reality dimulai dengan tahapan analisis data, perancangan sistem, dan juga perancangan interface. Aplikasi Media Pembelajaran Alat Musik Daerah Di Indonesia Menggunakan Teknologi Augmented Reality dibangun dengan menggunakan Vuforia dan Android Development Tools untuk pengembangan sistem - sistem, Blender 3D sebagai pembuat 3D objek, Adobe Photoshop sebagai editor desain user interface, CorelDraw sebagai editor untuk membuat marker dari Augmented Reality dan Unity 3D sebagai editor script. Aplikasi Media Pembelajaran Alat Musik Daerah Di Indonesia Menggunakan Teknologi Augmented Reality dapat berjalan pada smartphone berspesifikasi minimal android versi OS 6.0.0 Lollipop, processor Qualcomm Snapdragon 435, ukuran layar 5,20 inches, RAM 3 GB, dan kamera belakang 8 MP. Pengembangan dari sistem Aplikasi Multimedia Pembelajaran Alat Musik Daerah Di Indonesia Menggunakan Teknologi Augmented Reality ini dapat memberikan pengetahuan dalam pembelajaran yang tidak hanya dilingkungan masyarakat umum saja tetapi juga untuk anak - anak yang ingin menambah wawasan pengetahuan tentang seni budaya daerah khususnya alat musik daerah yang terdapat di Indonesia.} }