@thesis{thesis, author={HANDAYANI LIYA VIRDHA}, title ={Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Juwiring}, year={2023}, url={https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/2205/}, abstract={HANDAYANI VIRDHA, L. 2023 EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS JUWIRING KABUPATEN KLATEN. SKRIPSI , FAKULTAS ILMU KESEHATAN, UNIVERSITAS DUTA BANGSA SURAKARTA. Pelayanan kefarmasian merupakan sebuah pelayanan langsung bertanggung jawab terhadap pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti dengan tujuan untuk meningkatkan kesehatan pasien. Pelayanan kefarmasian di puskesmas merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem pelayanan kesehatan di puskesmas yang berorientasi kepada pelayanan pasien. Salah satu bentuk pelayanan kefarmasian di puskesmas adalah pengkajian dan pelayanan resep. Layanan kefarmasian selain menjadi tuntutan profesionalisme juga dapat dilihat sebagai faktor untuk mengevalusi kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pasien peserta BPJS Kesehatan rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Juwiring dan untuk mengetahui karakteristik pasien yaitu jenis kelamin usia, pendidikan dan pekerjaan mempengaruhi tingkat kepuasan pasien peserta BPJS Kesehatan rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Juwiring. Pada penelitian ini dilakukan penyebaran kuesioner kepada responden, lalu data diolah pada Microsoft Excel dan SPSS 18 . Berdasarkan penelitian didapatkan hasil GAP positif yang menyatakan bahwa pasien puas terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Juwiring dan dari hasil Uji Chi-Square tests dengan p value lebih dari sama dengan 0,05 yang artinya karakteristik usia, jenis kelamin, pendidikan, dan pekerjaan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien peserta BPJS Kesehatan rawat jalan di Puskesmas Juwiring.} }