@thesis{thesis, author={KURNIAWAN BAGAS RIZKI}, title ={Tinjauan Waktu Tunggu Pelayanan Pasien BPJS Rawat Jalan di RSUP Surakarta}, year={2023}, url={https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/2294/}, abstract={BAGAS RIZKI KURNIAWAN Tinjauan Waktu Tunggu Pelayanan Pasien BPJS Rawat Jalan di RSUP Surakarta RSUP Surakarta merupakan rumah sakit pusat di Surakarta. Dari survei awal rata-rata pasien BPJS pelayanan rawat jalan dalam sehari mencapai 200 pasien dibuktikan dari hasil pengamatan di beberapa poliklinik terjadi penumpukan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu tunggu pelayanan pasien BPJS rawat jalan di RSUP Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Sampel 100 pasien BPJS baru dan lama teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Instrumen penelitian mengunakan pedoman observasi, stopwatch dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian alur pendaftaran belum dijelaskan secara rinci persyaratan pendaftaran untuk pasien BPJS. Rata-rata waktu tunggu untuk pasien baru dan lama di semua poli yaitu 62 menit. Faktor faktor yang mempengaruhi yaitu tingkat pendidikan petugas pendaftaran di RSUP Surakarta (D3 RMIK). Penggunaan KIB sudah diterapkan dengan baik. Internet dan komputer sering mengalami kendala. SOP yang berlaku masih menggunakan SOP lama. Belum memiliki anggaran khusus untuk peremajaan sarana prasarana. Kesimpulan penelitian ini alur pendaftaran pasien BPJS rawat jalan belum diuraikan secara lengkap tentang kelengkapan persyaratan pendaftaran. Waktu tunggu yang sesuai SPM yaitu di poli THT dan poli anak yang tidak sesuai yaitu poli paru, jantung dan bedah. Faktor yang mempengaruhi waktu tunggu dalam penelitian ini yaitu faktor sarana dan prasarana dan faktor prosedur. Saran penelitian sebaiknya segera melakukan revisi SOP tentang pendaftaran pasien untuk menambah kelengkapan persyaratan pendaftaran pasien BPJS. Sebaiknya mengkaji ulang SOP yang saat ini berjalan agar dapat menyesuaikan dengan perkembangan RME. Sebaiknya segera melakukan perbaikan atau pengadaan sarana dan prasarana yang sering terjadi kerusakan. Sebaiknya membuat survei tentang waktu tunggu pasien.} }