@thesis{thesis, author={ROHMAH RISKY AIN NUR}, title ={HUBUNGAN SIKAP CARING PERAWAT PELAKSANA TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI KLINIK AL-IKHLAS SRAGEN}, year={2023}, url={https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/2324/}, abstract={Latar Belakang : Pemberian pelayanan keperawatan yang didasari oleh perilaku caring perawat mampu meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Perilaku caring perawat tidak hanya mampu meningkatkan kepuasan pasien, namun juga dapat menghasilkan keuntungan bagi rumah sakit. Caring adalah suatu hubungan maupun proses antara seorang perawat dan pasien yang meningkatkan suatu kepedulian demi terciptanya suatu kondisi pasien yang baik. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sikap caring perawat pelaksana terhadap kepuasan pasien rawat inap. Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif korelasi dengan rancangan analitik cross-sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan sampling total. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa caring perawat mayoritas dalam kategori caring baik sebanyak 15 orang (65,2%), kepuasan pasien mayoritas dalam kategori sangat puas sebanyak (65,2%) dan terdapat hubungan yang signifikan antara caring perawat dengan kepuasan pasien rawat inap di Klinik Al-Ikhlas Sragen. Analisa data menggunakan uji Spearman Rank (Rho), hasil uji statistik yang didapatkan yaitu p-value samadengan 0.000. Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara caring perawat dengan kepuasan pasien rawat inap di Klinik Al-Ikhlas Sragen.} }