@thesis{thesis, author={DIANA Iin Noor}, title ={IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DI BENGKEL MOBIL NINGRAT MOTOR BERBASIS WEB-MOBILE}, year={2020}, url={http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/281/}, abstract={IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DI BENGKEL MOBIL NINGRAT MOTOR BERBASIS WEB-MOBILE Oleh : Iin Noor Diana 160101077 Bengkel Ningrat Motor adalah sebuah bidang usaha otomotif khususnya mobil yang menawarkan jasa repair serta maintenance mobil Eropa dan Asia. Pelaksanaan pelayanan kepada customer bengkel Ningrat Motor masih dilakukan secara konvensional yaitu hanya melayani customer yang datang langsung di tempat, data yang tersimpan hanya berupa data transaksi dalam bentuk catatan rekap nota. Namun, seiring berjalan waktu pengelola bengkel merasa harus ada perbaikan manajemen pelayanan agar mampu menghadapi persaingan usaha dan mampu menjaga customer untuk selalu kembali mempercayakan pelayanan kepada bengkel Ningrat Motor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif karena dalam pelaksanaannya meliputi observasi, dokumentasi, studi literatur dan menggunakan metode RAD (Rapid Application Development). Hasil penelitian ini mendeskripsikan tentang bentuk Customer Relationship Management (CRM) dan penerapan Customer Relationship Management (CRM) yang selalu beriringan pada setiap proses pemeliharaan dan perbaikan pada Bengkel Ningrat Motor. Banyak yang kita dapatkan bahwasanya Customer Relationship Management (CRM) sangat penting dalam perusahaan yang ingin bersaing dan tetap aktif di kalangan masyarakat.Dalam aplikasi ini hasil pengujian telah menunjukkan kelayakan penggunaan aplikasi ini terhadap pengguna sistem dengan nilai responden setuju di atas 85%. Kata kunci : Customer Relationship Management, repair and maintenance, RAD, Flowchart} }