@thesis{thesis, author={PRABAWA Sigit}, title ={RANCANG BANGUN SYSTEM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT BERBASIS WEB (Studi Kasus : Hans Cloth )}, year={2020}, url={http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/286/}, abstract={RANCANG BANGUN SYSTEM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT BERBASIS WEB (Studi Kasus : Hans Cloth ) Oleh: Sigit Prabawa 160101088 Perkembangan teknologi internet dan kemudahan akses dari berbagai peralatan komunikasi, memberikan pengaruh terhadap gaya konsumen untuk berbelanja secara efektif dan efisien. Peran perdagangan secara elektronik berbasis web dalam persaingan bisnis menuntut lebih kreatif dan inovatif untuk lebih memanjakan konsumen tetap setia. E-commerce merupakan suatu upaya untuk memberikan kemudahan bertransaksi secara online kapanpun dan dimanapun tanpa konsumen harus keluar rumah. Oleh karena itu diperlukan suatu strategi untuk pengolahan data konsumen, promosi produk, penjualan produk dan mengolah data pelayanan konsumen untuk mendapatkan pelanggan sebanyak mungkin sesuai target yang telah ditetapkan oleh sebuah perusahaan.Pendekatan metode Customer Relationship management (CRM) melalui operasional, analitik dan kolaboratif menjadi tolak ukur dalam pembuatan situs E-CRM berbasis web agar sesuai dengan kebutuhan dalam mendapatkan hubungan yang baik dengan konsumen. Pembuatan Rancangan sistem dengan menggunakan UseCase Diagram dan Activity Diagram .Aplikasi MySql Server, Webserver digunakan untuk mendukung pembuatan Basis Data. Kata Kunci : Sistem Informasi, CRM, Website, PHP, MySQL} }