@thesis{thesis, author={FURQONI Ahmad}, title ={APLIKASI PENGADUAN GANGGUAN LISTRIK PADA PLN UNIT LAYANAN PELANGGAN KOTA SURAKARTA}, year={2020}, url={http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/330/}, abstract={Selama ini pengaduan keluhan gangguan listrik dilakukan masyarakat melalui telepon atau datang langsung ke kantor ULP Surakarta Kota. Tentunya masyarakat perlu meluangkan waktu untuk pergi ke kantor ULP Surakarta Kota, atau menggunakan pulsa telepon untuk melakukan pengaduan melalui telepon. Setelah pengaduan diterima, pelanggan tidak menerima feedback informasi tentang pengaduannya. Lalu pada PLN ULP Surakarta Kota, petugas penerima gangguan hanya diisi satu orang membuat beberapa pengaduan pelanggan secara tidak sengaja terlewat, karena banyak pengaduan yang masuk ke PLN ULP Surakata Kota. Untuk itu penulis merancang Aplikasi Pengaduan Keluhan Gangguan Listrik berbasis android guna menfasilitasi pelanggan untuk melakukan pengaduan dan memberikan update status pengaduan mereka secara real time. Penulis menggunakan metode pengembangan sistem Waterfall yang terdiri dari Communication, Planning, Modelling, Construction, Deployment. Untuk metode pengumpulan data menggunakan observasi dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini, penulis merancang aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan pengaduan keluhan. Aplikasi ini dapat membuat pengaduan keluhan, lalu pengaduan tersebut akan dapat dilihat langsung oleh teknisi PLN. Aplikasi ini juga dapat memberikan informasi tentang pengaduan secara real time. Berdasarkan evaluasi yang penulis lakukan, penulis mendapat hasil yang baik dari para partisipan. Mereka setuju menyatakan Aplikasi Pengaduan Keluhan Gangguan Listrik dapat membantu mereka melakukan pengaduan gangguan listrik. Kata kunci : Aplikasi, Gangguan Listrik, Android} }