@thesis{thesis, author={HANDOKO Wahyu Tri}, title ={APLIKASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA PADA ANAK PAUD BA AISYIYAH REJOSARI}, year={2020}, url={http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/469/}, abstract={APLIKASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA PADA ANAK DI PAUD BA AISYIYAH REJOSARI OLEH: Wahyu Tri Handoko 160103090 Tujuan membangun aplikasi ini adalah untuk membuat aplikasi multimedia pembelajaran mengenal huruf menggunakan media kartu kata pada anak di TK BA Aisyiyah Rejosari. Aplikasi ini berfungsi untuk melihat peningkatan kemampuan anak dalam mengenal huruf yaitu: 1) kemampuan mengenal huruf, 2) kemampuan anak dapat membedakan huruf dan 3) kemampuan anak dalam melafalkan huruf. Metode yang digunakan dalam perancangan game ini adalah metode pengembangan multimedia yang terdiri dari 6 tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution, untuk design menggunakan storyboard dan flowchart, serta pengujian dilakukan terhadap guru dan sebagian murid di tk BA Aisyiyah Rejosari menggunakan smartphone sebagai media pembelajaran. Hasil akhir dari penelitian ini yaitu game construct 2 yang mana dari hasilnya berupa mengenal huruf, game yang dibuat memiliki 4 tahapan yang berbeda yaitu satu huruf, semua huruf, menulis huruf, dan Kuis. Dari hasil pengujian yang dilakukan game ini berjalan dengan lancar di semua perangkat, dan berdasarkan kuesioner yang diisi oleh responden yang menggunakan aplikasi multimedia mengenal huruf menggunakan media kartu kata pada anak di BA Aisyiyah Rejosari. Kata Kunci : Pendidikan, Mengenal Huruf, Pengembangan Multimedia, Game, Android.} }