@thesis{thesis, author={RAMANDANI PANTES NISA}, title ={PERANCANGAN SISTEM INFORMASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN BERBASIS WEB DI TOKO MALDIVES BETENG TRADE CENTER SOLO}, year={2022}, url={http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/800/}, abstract={Customer Relationship Management (CRM) adalah strategi inti bisnis untuk mengidentifikasi, mendapatkan dan mempertahankan pelanggan. Dengan strategi ini dapat menyelesaikan permasalahan yang ada pada Toko Maldives yaitu untuk mempertahankan pelanggannya. Strategi ini memiliki beberapa tipe dan tipe yang dapat digunakan dalam penelitian yaitu Operasional CRM yang berfokus pada otomatisasi bagaimana perusahaan berhubungan dengan pelanggannya. Dengan adanya implementasi CRM ini diharapkan dapat membawa UMKM untuk mempertahankan loyalitas pelanggannya seperti fitur chat online dan fitur komplain. Sehingga pelayanan pemesanan akan berbasis komputer dan pengolahan data nya akan terintegrasi. E-CRM adalah teknologi untuk pelanggan sehingga pelanggan tidak perlu bertemu langsung dengan perusahaan untuk berkomunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah Membangun sebuah Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) berbasis web untuk meningkatkan pelayanan di toko Maldives Beteng Trade Center Solo. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah waterfall. Tahapan analisis sitem ini akan menghasilkan dokumen user recruitment atau bisa dikatakan sebagai data yang berhubungan dengan keinginan user dalam pembuatan sistem dan analisis kelemahan sistem yang digunakan adalah PIECES. Rancangan kerja sistem menggunakan DFD dan flowchart. Bahasa pemrograman menggunakan PHP dan database MySQL. Metode testing menggunakan black box dan pengujian beta serta maintenance yang menyesuaiakan dengan pengguna. Hasil dari penelitiaan ini adalah sebuah aplikasi yang dapat menjalin hubungan dengan pelanggan melalui via chat langsung dengan admin serta fitur yang dapat mencatat komplain kritik dan saran. Penelitian ini telah dilalukan metode pengujian blackbox dimana pengujian ini mengajukan beberapa pertanyaan kepada responden dimana pertanyaan sebanyak 7 serta responden sebanyak 10 user sehingga diperoleh hasil aplikasi telah layak digunakan.} }