@thesis{thesis, author={FAUJIAH RIZKY}, title ={APLIKASI GAME SCRABBLE BAHASA ARAB BERBASIS MULTIMEDIA DI SEKOLAH DASAR INTERNASIONAL ISLAM AL-ABIDIN SURAKARTA (Studi Kasus: Intikom Buana Malika)}, year={2022}, url={http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/829/}, abstract={Intikom Buana Malika adalah group lembaga bina usaha swadaya masyarakat pemberdayaan teknologi informasi yang bekerjasama dengan Sekolah Dasar Internasional Islam Al-Abidin Surakarta dibidang penyelenggaraan, pengadaan sarana dan prasarana pendidikan. Proyek tersebut merupakan bagian dari perjanjian kemitraan layanan teknologi informasi dan komunikasi antara Intikom Buana Malika selaku pihak penyedia layanan terhadap pihak yayasan AlAbidin Surakarta yang menaungi sekolah-sekolah Al-Abidin. Pada proses pembelajaran masih ada yang bersifat konvensional dan belum adanya praktik komputer yang bersifat permainan, khususnya di pembelajaran Bahasa Arab. Pembelajaran di modul dan buku kerja teknologi informasi hampir semua sudah menggunakan media interaktif bersifat game. Aplikasi game interaktif ini dibuat berbasis mobile menggunakan software Unity 3D, Adobe Photoshop CC 2019, CorelDraw X7, dan Figma. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan studi pustaka. Sedangkan dalam pembuatannya, penulis menggunakan metode pengembangan multimedia yang dilakukan berdasarkan enam tahap, yaitu concept (pengonsepan), design (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), Assembly (Pembuatan), Testing (Pengujian), Distribution (Distribusi). Hasil dari pembuatan aplikasi media pembelajaran ini sudah sesuai dengan konsep dan alur yang dirancang.} }