@thesis{thesis, author={BILAD FAHRUL}, title ={APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (Studi Kasus : SMK Bina Patria 1 Sukoharjo)}, year={2022}, url={http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/881/}, abstract={SMK Bina Patria 1 Sukoharjo terdapat salah satu bidang jurusan yaitu teknik komputer dan jaringan. Saat kelas X, siswa diajarkan untuk membuat, mengetes, dan mengkoneksikan beberapa komputer menggunakan kabel/ tanpa kabel. Sebelum melakukan praktek, siswa harus mengenal terlebih dahulu bentuk dan fungsi dari perangkat jaringan komputer yang akan dibuat dan di konfigurasi. Demi mengurangi penyebaran Covid-19, SMK Bina Patria 1 Sukoharjo menerapkan pembelajaran secara daring dan luring. Pembelajaran secara daring mempunyai kekurangan dimana guru tidak bisa langsung mengenalkan dan menunjukan bentuk dari perangkat jaringan komputer sehingga siswa hanya bisa mempelajarinya dari E-learning/ internet. Kemudian pembelajaran secara luring di lab komputer harus dikurangi, hal ini mengakibatkan pembelajaran kurang efektif dan efisien. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah Sherwood-Rout, tahapan dimulai dari Project Initiation, Spesification, Design, Production, Review and Evaluation, Delivery and Implementation. Metode ini lebih fokus pada penggalian review dan pengujian pada client sebelum aplikasi digunakan. Aplikasi yang dihasilkan adalah aplikasi media pembelajaran pengenalan perangkat jaringan komputer menggunakan teknologi augmented reality. Aplikasi ini dapat menampilkan 8 perangkat jaringan komputer. Aplikasi ini telah diujikan kepada 21 responden yang terdiri dari 20 siswa, dan 1 guru mata pelajaran jaringan komputer. Hasil dari kuesioner membuktikan bahwa aplikasi ini dapat membantu pihak SMK Bina Patria 1 Sukoharjo dan siswa dalam pembelajaran pengenalan perangkat jaringan komputer dengan rata-rata persentasi responden menyatakan 30.46% sangat setuju, 42.86% menyatakan setuju dan 26.68% menyatakan biasa.} }