@thesis{thesis, author={TRIHARDIANINGSIH LIANA}, title ={RANCANG BANGUN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT BERBASIS WEBSITE DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS MEMBER DI BIMBINGAN BELAJAR MEC (MILENIAL EDUCATION CENTER)}, year={2022}, url={http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/913/}, abstract={Customer Relationship Management (CRM) merupakan strategi bisnis dasar yang penting bagi suatu bisnis. Termasuk salah satunya adalah bisnis yang bergerak di bidang edukasi seperti bimbingan belajar. Menjaga loyalitas dari pelanggan merupakan hal yang sulit jika pengolahan data yang dilakukan masih dikerjakan secara manual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis serta membangun sebuah sistem CRM berbasis website pada Bimbingan Belajar Millenials Education Center (MEC) untuk meningkatkan loyalitas member atau siswa yang mengikuti bimbingan belajar di MEC. Sistem CRM dibangun menggunakan metode pengembangan sistem prototype dengan perancangan model sistem CRM menggunakan UML dan analisis kelemahan sistem dengan metode PIECES. Hasil rancang bangun akan di uji coba menggunakan pengujian black box dan pengujian pengguna. Pada pengujian black box diperoleh hasil bahwa sistem telah memenuhi syarat sebagai sistem yang user friendly dan pada pengujian pengguna diperoleh hasil bahwa 80% pengguna sangat setuju, 9% setuju, dan 1% cukup setuju yang menyatakan bahwa system mudah digunakan dan membantu menyelesaikan masalah yang ada.} }