@thesis{thesis, author={Ulfi Ida}, title ={HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU FARMASI DI UNIVERSITAS HARAPAN BANGSA PURWOKERTO}, year={2019}, url={http://eprints.uhb.ac.id/id/eprint/204/}, abstract={Salah satu faktor internal yang memengaruhi prestasi belajar yaitu kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional dibutuhkan untuk mencapai tugas perkembangan dewasa awal. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada mahasiswa Program Studi Ilmu Farmasi di Universitas Harapan Bangsa. Penelitian ini menggunakan survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner Emotional Intelligence Scale (EIS). Sampel penelitian sebanyak 69 responden dengan teknik total sampling. Analisis data penelitian menggunakan uji chi square. Hasil Penelitian menunjukan bahwa kecerdasan emosional sebagian besar pada kategori tinggi 44 (63, 8%) responden. Prestasi belajar memuaskan dalam kategori 24 (34,8 %) responden, kategori sangat memuaskan 37 (53,6%) responden dan kategori dengan pujian sebanyak 8 (11,6%) responden. Tidak ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mahasiswa Program Studi Ilmu Farmasi di Universitas Harapan Bangsa (p value = 0,076).} }