@thesis{thesis, author={Utari Elang}, title ={HUBUNGAN RESPONSE TIME PERAWAT DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN DENGAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN DI IGD RSUD BANYUMAS TAHUN 2017}, year={2018}, url={http://eprints.uhb.ac.id/id/eprint/799/}, abstract={Elang Utari, Adiratna Sekar Siwi, Indri Heri Susanti Hubungan Response Time perawat dalam Memberikan Pelayanan Dengan Kepuasan Keluarga Pasien di IGD RSUD Banyumas Tahun 2017 Xiii + 67 halaman + 7 tabel + 2 gambar + 12 lampiran ABSTRAK Kepuasan keluarga pasien di IGD dipengaruhi oleh pelayanan yang diberikan oleh perawat salah satunya yaitu response time (waktu tanggap) yang cepat, tepat dan cermat. Hal ini dapat mencegah tejadinya kecacatan hingga kematian. Tujua penelitian ini untuk mengetahui hubungan response time perawat dalam memberikan pelayanan dengan kepuasan keluarga pasien di IGD RSUD Banyumas tahun 2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang diteliti adalah 95 responden dengan teknik accidental sampling. Instrumen yang digunakan adalah stop watch didalam hp dan kuesioner untuk kepuasan keluarga pasien. Analisa data pada penelitian menggunakan uji chi- square. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan yang diberikan perawat dengan kategori cepat yaitu 62 orang (68,43%) dan kategori lambat 30 orang (31,57%). Keluarga pasien yang merasa puas sebanyak 42 responden (44,21%), sangat puas 37 responden (38,95%), dan sebagian ada yang merasa tidak puas yaitu 16 responden (16,84%). Terdapat hubungan antara response time perawat dalam memberikan pelayanan dengan kepuasan keluarga pasien di IGD RSUD Banyumas tahun 2017. Kata Kunci : Kepuasan Keluarga Pasien, Response Time,} }