@thesis{thesis, author={Julianto Endro}, title ={HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DI RSUD DR. R. GOETENG TAROENADIBRATA PURBALINGGA}, year={2018}, url={http://eprints.uhb.ac.id/id/eprint/801/}, abstract={Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) merupakan program kesehatan masyarakat yang sedang di upayakan oleh pemerintah guna meningkatakan system jaminan kesehatan nasional. Adanya program kesehatan yang baru diharapkan ada atau tidaknya hubungan antara kualitas pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien BPJS. Pengalihan jaminan kesehatan ke BPJS banyak pro dan kontra yang bermunculan serta keluhan berkaitan dengan permasalahan pelayanan kesehatan diantaranya pasien penyakit kronis yang diberikan obat kurang dari 30 hari (hanya 3-7 hari) sehingga pasien berulangkali ke rumah sakit, kemudian pasien masih dikenakan biaya rumah sakit. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan jenis survey analitik, yaitu survei atau penelitian yang mencoba menggali fenomena kesehatan itu terjadi. Teknik pengambilan sampel dengan cluster sampling dan diperoleh 99 orang. Analisa statistik menggunakan Spearman Rank. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar kualitas pelayanan keperawatan dalam kategori baik (94,9%). sebagian besar kepuasan pasien BPJS dalam kategori puas (94,9%) ada hubungan kualitas pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien BPJS dengan sig. 0,000 < 0,05.} }