@thesis{thesis, author={Yohanna Ernie}, title ={PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN GOSOK GIGI TERHADAP PENGETAHUAN GOSOK GIGI PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB N PURBALINGGA TAHUN 2017}, year={2018}, url={http://eprints.uhb.ac.id/id/eprint/803/}, abstract={Ernie Yohanna, Indri Heri Susanti, Noor Yunida Triana Pengaruh Pendidikan Kesehatan Gosok Gigi Terhadap Pengetahuan (Gosok Gigi) Pada Anak Tunagrahita Di SLB N Purbalingga Tahun 2017 xvii+ 80 halaman + 9 tabel + 8 gambar + 15 lampiran ABSTRAK Anak tunagrahita mengalami keterbatasan dalam fungsi intelegensi dan perilaku adaptif, sehingga diperlukan pendidikan kesehatan melalui media pembelajaran (video) yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, minat, dan perhatian anak untuk meningkatkan pengetahuan menggosok gigi. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan gosok gigi terhadap pengetahuan (gosok gigi) pada anak tunagrahita di SLB N Purbalingga. Penelitian ini menggunakan pre experiment dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Sampel penelitian adalah 64 anak tunagrahita di SLB N Purbalingga. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Proses pengambilan data dengan kuesioner. Analisa data dengan uji Wilxocon. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat perbedaan rerata pengetahuan anak pretest sebesar 24,75 dan posttest sebesar 29,08, dengan nilai p value = 0,000 (p<0,05), berarti ada pengaruh pendidikan kesehatan gosok gigi terhadap pengetahuan (gosok gigi) pada anak tunagrahita di SLB N Purbalingga. Diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan melalui pendidikan kesehatan gosok gigi pada anak tunagrahita Kata Kunci : Pendidikan Kesehatan, Menggosok Gigi, Pengetahuan, Anak Tunagrahita.} }