@thesis{thesis, author={Alfarouq Mohamad Umar}, title ={HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN BPJS DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RSUD Dr. R. GOETENG TAROENADIBRATA PURBALINGGA}, year={2018}, url={http://eprints.uhb.ac.id/id/eprint/919/}, abstract={Latar Belakang: Rumah sakit sebagai salah satu pusat pelayanan kesehatan masyarakat yang memberikan beberapa jenis pelayanan kepada masyarakat, yaitu salah satunya pelayanan keperawatan di instalasi gawat darurat. Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator mutu pelayanan keperawatan maka dari itu dibutuhkan standar mutu yang baik untuk menunjang kepuasan pasien. Rumah sakit dituntut untuk selalu menjaga kepercayaan konsumen dengan meningkatkan kualitas mutu pelayanan keperawatan sehingga dapat memenuhi keinginan pasien dan meningkatkan kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan yang diberikan. Salah satu pengguna jasa pelayanan keperawatan adalah peserta (BPJS). Tingginya minat masyarakat menjadi peserta BPJS Kesehatan tidak diiringi dengan kepuasan terhadap pelayanan keperawatan yang mereka dapatkan. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan keperawatan BPJS dengan kepuasan pasien di instalasi gawat darurat RSUD Dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. Metode: Penelitian ini menggunakan analisis studi dengan rancangan cross sectional. Sampel yang diambil sejumlah 90 responden dengan menggunakan teknik accidental sampling dan alat yang digunakan untuk penelitian adalah kuesioner. Data diolah menggunakan uji statistik correlation spearmen rank. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukan mutu pelayanan keperawatan BPJS dalam kategori cukup baik sebanyak 72 responden (80,0%), sedangkan untuk tingkat kepuasan pasien BPJS dalam kategori sangat puas sebanyak 55 responden (61,1%), dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan keperawatan BPJS dengan kepuasan pasien (sig. (2-tailed) > 0,01).} }