@thesis{thesis, author={Arfiana Rizma}, title ={Pengembangan Media Kartu Kuartet Untuk Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana}, year={2024}, url={http://eprints.umg.ac.id/10002/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas media pembelajaran yang dihasilkan ditinjau dari aspek kevalidan dan keefektifan serta mendeskripsikan respon siswa terhadap media pembelajaran kartu kuartet untuk keterampilan menulis kalimat sederhana. Pengembangan media kartu kuartet menggunakan model ADDIE (Analyze,Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di UPT SD Negeri 23 Gresik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV UPT SD Negeri 23 Gresik yang berjumlah 43 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah validasi media dan angket. Instrumen penelitian yaitu lembar validasi ahli media dan materi, serta lembar angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis validasi ahli media dan materi, analisis angket respon siswa, serta analisis keefektifan media. Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan adalah kualitas media pembelajaran kartu kuartet untuk keterampilan menulis kalimat sederhana ditinjau dari aspek kevalidan dan keefektifan yaitu media dinyatakan ?sangat valid? oleh dua ahli media yang merupakan dosen program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan dua ahli materi dari guru kelas IV UPT SD Negeri 23 Gresik. Perolehan skor validator ahli media pertama sebesar 85,71% dan skor validator ahli media kedua sebesar 82,85%. Sedangkan hasil skor oleh validator ahli materi pertama sebesar 95% dan validator ahli materi kedua sebesar 92,25%. Media dinyatakan efektif dengan perolehan skor hasil pengerjaan soal peserta didik yang tuntas adalah 90,7%. Jumlah respon dari 43 peserta didik terhadap media pembelajaran kartu kuartet diperoleh skor sebesar 87,79% yang berarti media ?sangat positif?.} }