@thesis{thesis, author={Ilham Firdawati}, title ={Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips Terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 22 Gresik.}, year={2022}, url={http://eprints.umg.ac.id/10381/}, abstract={Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips Terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 22 Gresik. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Gresik (Dibimbing oleh Arya Setya Nugroho, M.Pd dan Nanang Khoirul Umam, M.Pd) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking chips terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas IV Sekolah Dasar tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-A dan IV-B di UPT SD Negeri 22 Gresik dengan jumlah siswa yang sama yaitu 20 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan lembar obsevasi dan tes lisan keterampilan komunikasi. Analisis data yang diperoleh yaitu hasil keterampilan komunikasi membuktikan bahwa terdapat perbedaan setelah diberikan tes terhadap kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dibuktikan dengan hasil nilai post-test kelas kontrol sebesar 74,75. Sedangkan hasil nilai post-test kelas eksperimen sebesar 87,75 Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji independent sample T-test memperoleh hasil yang signifikan yaitu 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking chips terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas IV UPT SD Negeri 22 Gresik.} }