@thesis{thesis, author={Rahmah Anisa Fitri Nur}, title ={Analisis Translasi Representasi Matematis dalam Menyelsaikan AKM Data dan Ketidakpastian Berdasarkan Gaya Berpikir}, year={2024}, url={http://eprints.umg.ac.id/10420/}, abstract={Penelitian ini mengeksplorasi kemampuan siswa SMP dalam translasi representasi matematis saat menjawab soal AKM numerasi, dengan fokus pada gaya berpikir. Dalam upaya meningkatkan standar pendidikan di Indonesia, kurikulum modern menekankan pembelajaran matematika. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan gaya berpikir siswa dengan kemampuan translasi representasi matematis menggunakan soal AKM numerasi. Metode kualitatif deskriptif digunakan dengan subjek penelitian 4 siswa kelas VIII di SMPN, dipilih berdasarkan karakteristik gaya berpikir. Data dikumpulkan melalui survei gaya belajar, ujian AKM, dan wawancara. Analisis data melibatkan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Penelitian dilakukan pada 9 November 2023. Hasil menunjukkan karakteristik gaya berpikir, dengan sekuensial konkret(41,9%), acak konkret (32,3%), acak abstrak (19,4%), dan sekuensial abstrak (6,4%). Hasil penelitian menekankan perbedaan dalam pemahaman, koordinasi, konstruksi, dan penilaian solusi di antara siswa. Siswa sekuensial konkret memiliki kemampuan translasi verbal yang sangat baik, sedangkan siswa sekuensial acak dan acak konkret cenderung kurang baik, terutama dalam representasi simbolik. Gaya berpikir acak abstrak juga tergolong kurang baik dalam translasi. Tahap unpacking the source dan preliminary coordination menjadi tantangan bagi beberapa siswa. Penelitian menyimpulkan bahwa meskipun jawaban akhir serupa, siswa dengan gaya berpikir berbeda menunjukkan proses penyelesaian yang beragam dalam translasi representasi matematis.} }