@thesis{thesis, author={Maknuun Lu’luum}, title ={Pengembangan Media Kartu Tod Pada Pembelajaran Ppkn Di Kelas V MIM 10 Tlogosadang}, year={2024}, url={http://eprints.umg.ac.id/10437/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Kartu Truth or Dare (TOD) pada pembelajaran PPKN di kelas V MIM 10 Tlogosadang untuk mengetahui validitas media permainan TOD pada mata pelajaran PPkn untuk siswa kelas V MIM 10 TLOGOSADANG dan mengetahui respon siswa dan guru terhadap media permainan TOD pada mata pelajaran PPkn untuk siswa kelas V MIM 10 TLOGOSADANG. Metode penelitian ini adalah pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, Analyze (analisis), Design (rancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media TOD pembelajaran PPKN di kelas V MIM 10 Tlogosadang tergolong yang valid, efektif dan praktis. Hasil validasi oleh validator media diperoleh persentase 80% tingkat kevalidan dengan kategori kuat. Hasil validasi oleh validator materi diperoleh persentase 86% dengan kategori sangat kuat. Hasil validasi bahasa oleh validator bahasa diperoleh presentase 84,4% kevalidan dengan kategori sangat kuat. Setelah layak untuk diuji cobakan, maka peneliti melakukan uji coba lapangan di kelas V dengan hasil beberapa hal dalam media terkait dengan media dan aturan yang perlu direvisi, kemudian peneliti membuat uji coba II. Pada uji coba tahap kedua ini, peneliti kembali menerima masukan dari siswa dan guru, dengan observasi juga dilakukan untuk menilai proses pembelajaran. Saran pada uji coba II revisi yang dilakukan hanya pada aspek tampilan warna. Oleh karena itu, revisi yang diimplementasikan pada tahap ini hanya bersifat minor, dan menghasilkan prototipe yang merupakan produk akhir dari pengembangan media TOD ini.} }