@thesis{thesis, author={Jannah Fanana Firdausil}, title ={EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI COVID-19 MELALUI MEDIA GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI MTs. MUHAMMADIYAH 4 SIDAYU}, year={2021}, url={http://eprints.umg.ac.id/5149/}, abstract={Adanya wabah Coronavirus disease (Covid-19) yang melanda hampir di seluruh belahan dunia, termasuk di negara Indonesia. Hal ini membuat adanya kebijakan Pemerintah dalam dunia pendidikan yaitu meniadakan sementara pembelajaran tatap muka diganti dengan pembelajaran dalam jaringan (daring) baik tingkat sekolah maupun tingkat perguruan tinggi, sehingga diperlukannya sebuah media yang dapat digunakan untuk membantu dalam pelaksanaan proses pembelajaran dalam jaringan (daring) yakni google classroom. Google classroom merupakan salah satu aplikasi yang sederhana dan mudah dipahami dalam penggunaannya termasuk oleh peserta didik tingkat SMP/MTs sehingga dapat mempermudah pendidik dalam mengelola pembelajaran dan menyampaikan informasi (materi pembelajaran) secara tepat dan akurat kepada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas pembelajaran daring di era pandemi covid-19 melalui media google classroom pada materi bangun ruang sisi datar di MTs. Muhammadiyah 4 Sidayu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yakni mendeskripsikan efektivitas pembelajaran daring di era pandemi covid-19 melalui media google classroom pada materi bangun ruang sisi datar yang dilihat dari keempat aspek, yaitu kemampuan pendidik dalam mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik selama pembelajaran, respon peserta didik, dan hasil belajar peserta didik setelah pembelajaran. Sedangkan subjek penelitian adalah satu kelas yakni kelas VIII MTs. Muhammadiyah 4 Sidayu yang terdiri dari 27 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes hasil belajar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi kemampuan pendidik dalam mengelola pembelajaran, lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar angket respon peserta didik, dan soal tes hasil belajar. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) kemampuan pendidik dalam mengelola pembelajaran mencapai kriteria sangat baik dengan rata?rata keseluruhan pertemuan sebesar 100, 2) aktivitas peserta didik termasuk dalam kategori aktif karena kategori tersebut mencapai >= 50% yaitu sebesar 76% dari rata?rata peserta didik pada kategori aktif, 3) respon peserta didik terhadap pembelajaran daring melalui media google classroom tergolong sangat positif karena persentase rata-rata secara keseluruhan yang menjawab ?ya? >= 85%, dan 4) hasil belajar peserta didik tuntas secara klasikal sebesar 96%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring melalui media google classroom efektif diterapkan pada materi bangun ruang sisi datar.} }