@thesis{thesis, author={Umami Laily Lailatul}, title ={IMPLEMENTASI RELATIONSHIP MARKETING PADA PT.ARIFIN SIDAYU TOUR AND TRAVEL CABANG GRESIK}, year={2018}, url={http://eprints.umg.ac.id/573/}, abstract={Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Wawancara dalam penelitian ini menggunakan wawancara tidak terstruktur kepada salah satu pelanggan. Jenis metode yang yang digunakan adalah interaktif untuk memperoleh informasi dari orang mengerti tentang topik yang di bahas. Untuk teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa hubungan melalui Relationship Marketing pada PT.Arifin Sidayu Tour and Travel Cabang Gresik dengan pelanggan terdiri dari beberapa kedekatan , yaitu (1) Mengaplikasikan pemasaran relationship marketing mengenenai pemberdayaan karyawan agar selalu memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, (2) Komitmen dengan cara perusahaan menjadikan pelanggan sebagai prioritas utama, berjangka panjang untuk saling menguntungkan. (3) Berkomunikasi pribadi secara intens kepada pelanggan, memberikan informasi-informasi tentang bisnisnya, sesekali guyon agar suasana bias rileks sehingga pelanggan pun merasa nyaman, (4) Kepercayaan dengan cara melakukan transaksi dengan penuh kejujuran dan dapat dipercaya, (5) Penanganan konflik dengan gerak cepat dalam menghadapi dan segera mengatasi keluhan agar tidak melebar menjadi masalah lebih besar. Pemeliharaan hubungan yang dilakukan PT.Arifin Sidayu Tour and Travel Cabang Gresik dengan pelanggan lebih kepada mempertahankan interaksi walaupun setelah transaksi berakhir agar mereka tetap loyal.} }