@thesis{thesis, author={Sukmasari Syifaul Fuadiyah}, title ={PENGEMBANGAN MODUL AJAR IPS BERBASIS KERAGAMAN SUKU BANGSA DI JAWA TIMUR UNTUK KELAS IV SD}, year={2020}, url={http://eprints.umg.ac.id/6625/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ajar keragaman suku bangsa edisi Jawa Timur (Keliling Bersama Bilal). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4-D, tetapi peneliti hanya melakukan3 tahap yaitu, Pendefinisian (Define),Perancangan (Design),Pengembangan (Develop). Pada tahap ini, pengembangan Modul Ajar Keragaman Suku Bangsa Edisi Jawa Timur (Keliling Bersama Bilal) tidak dapat diaplikasikan kepada peserta didik karena adanya aturan pemerintah untuk menerapkan Physical Distancing.Maka, langkah-langkah pengembangan modul ajar ini yaitu melakukan validasi dan revisi. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 validator ahli materi yakni guru kelas di SD Muhammadiyah 1 Pucuk Lamongan dan 2 validator media yakni Dosen PGSD Universitas Muhammadiyah Gresik. Modul Ajar Keragaman Suku Bangsa Edisi Jawa Timur (Keliling Bersama Bilal) telah melalui serangkaian validasi oleh ahli materi dan media, hasil akhir dari validasi kelayakan modul memperoleh skor rata-rata sebesar 82,76 dengan kategori ?sangat layak?. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Modul Ajar Keragaman Suku Bangsa Edisi Jawa Timur (Keliling Bersama Bilal) dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: model-4-D,modul ajar,keragaman suku bangsa} }