@thesis{thesis, author={Rochma Maulida Hardiyanti}, title ={PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS V MI ROUDLOTUL MUTA’ALLIM}, year={2020}, url={http://eprints.umg.ac.id/6634/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V MI Roudlotul Muta?allim dengan menerapkan model make a macth. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 1 siklus 2 pertemuan. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan MC Taggart, dimana model tersebut memiliki tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi, refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V sebanyak 8 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket motivasi belajar peserta didik. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik telah meningkat pada siklus I. Berdasarkan hasil angket motivasi belajar peserta didik meningkat dari data awal 62 % meningkat menjadi 87 % pada siklus pertama. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V MI Roudlotul Muta?alim.} }