@thesis{thesis, author={Andrian Rikky}, title ={Sistem Pendukug Keputusan Penentuan Strategi Promosi Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Gresik Menggunakan Metode Collective Utility Berbasis GIS}, year={2020}, url={http://eprints.umg.ac.id/6668/}, abstract={Promosi sebagai sarana yang digunakan untuk mencapai sasaran pemasaran dengan menggunakan biaya yang efisien , dengan memberikan nilai tambah pada produk atau jasa baik kepada perantara atau pemakai. Biasanya tidak ada batasan dalam jangka waktu tertentu. Dengan perkembangan zaman bahwa promosi adalah merupakan kegiatan yang ditujukan untuk mempengaruhi konsumen agar dapat mengenal produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka. Penelitian ini menggunakan metode Collective Utility yaitu berupa keluaran rincian promosi yang sudah dilakukan pada kecamatan yang memiliki karakteristik. Atribut yang digunaakan adalah Desa,Penduduk,Luas Wilayah,Kk,Jumlah . Data yang digunakan adalah data yang diperoleh dari DUKCAPIL KEMENDAGRI pada tahun 2019. Berdasarkan hasil perhitungan Collective Utility dari beberapa pengujian yang terdiri 18 Kecamatan, data tersebut akan dilakukan 3 kali skenario pengujian untuk mengetahui jarak karakteristik terdekat dan eror Mean Absolute Deviation (MAD).} }