@thesis{thesis, author={KRISMAWATI ANGGRAINI}, title ={NILAI-NILAI MATEMATIKA (MATHEMATICAL VALUES) PADA PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP N 3 GRESIK}, year={2018}, url={http://eprints.umg.ac.id/778/}, abstract={Pembelajaran matematika di sekolah sangat teoritik dan mekanistik, sehingga menyebabkan peserta didik tidak mengetahui untuk apa dan mengapa mereka belajar matematika. Seringkali mereka beranggapan bahwa matematika hanyalah ilmu tentang hitung-menghitung dan hanya berbicara tentang angka. Padahal matematika sebenarnya mengandung nilai-nilai yang dapat memotivasi peserta didik untuk belajar matematika dan menjadikan matematika lebih bermakna bagi kehidupan. Untuk dapat mengungkap adanya nilai-nilai matematika (Mathematical values) yang didapatkan oleh peserta didik, salah satunya dapat menggunakan pendekatan pembelajaran pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui nilai-nilai matematika (Mathematical values) yang didapatkan oleh peserta didik berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah pada pembelajaran pemecahan masalah materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX SMP N 3 Gresik. Penelitian ini adalah penelitian observasi (Observasional Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 6 peserta didik kelas IX SMP N 3 Gresik, yang terdiri atas 2 peserta didik berkemampuan matematika tinggi, 2 peserta didik berkemampuan matematika sedang dan 2 peserta didik berkemampuan matematika rendah. Observasi terhadap subjek penelitian dilakukan tiga kali pertemuan. Instrumen penelitian yang dipergunakan adalah lembar pengamatan dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai matematika yang didapatkan oleh peserta didik berkemampuan matematika tinggi adalah nilai rasional, nilai objektif, nilai kontrol, nilai kemajuan dan nilai keterbukaan. Sedangkan nilai-nilai matematika yang didapatkan oleh peserta didik berkemampuan matematika sedang adalah nilai rasional, nilai objektif, nilai kontrol dan nilai keterbukaan. Serta nilai-nilai matematika yang didapatkan oleh peserta didik berkemampuan matematika rendah adalah nilai rasional, nilai objektif, nilai kontrol dan nilai misteri.} }