@thesis{thesis, author={Nisak Diah Arifatun}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA KANTONG AJAIB DORAEMON UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN PENJUMLAHAN TEKNIK MENYIMPAN KELAS II SD}, year={2020}, url={http://eprints.umg.ac.id/7897/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan dan kevalidan media Kantong Ajaib Doraemon pada Pembelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Penjumlahan dengan Teknik Menyimpan di kelas II sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Gresik untuk memvalidasi media dan di MI YKUI Sekargadung Dukun Gresik, untuk memvalidasi materi dan desain media pada semester genap tahun ajaran 2020. Subjek penelitian ini adalah validator media (Nanang Khoirul Umam, M.Pd), validator materi (Nur Kholilah, S.Pd), dan Validator desain media (Khilyatin Nisfah, S.Pd). Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni dengan memberikan lembar validasi media pembelajaran. Lembar validasi tersebut digunakan sebagai alat bagi validator untuk memperoleh data yang valid dari media pembelajaran yang dibuat oleh peneliti. Berdasarkan analisis data penelitian pengembangan pada media kantong ajaib doraemon untuk pembelajaran matematika materi operasi hitung bilangan penjumlahan teknik menyimpan kelas II SD yang berkaitan dengan masalah dan tujuan penelitian, dapat disimpulkan pengembangan media pembelajaran kantong ajaib doraemon pada kelas II di sekolah dasar muatan Matematika dengan materi operasi hitung bilangan penjumlahan teknik menyimpan yang terdapat pada tema 1, sub tema 4 pembelajaran 1, KD 3.3. Media pembelajaran ini dikembangkan sesuai dengan teori pengembangan model 4-D Thiagarajan yang dilakukan hanya tiga tahap dengan modifikasi dari peneliti, yakni tahap Define (pendefisian), Design (perancangan), dan Develop (pengembangan). Pada tahap Develop (pengembangan) peneliti hanya melakukan validasi dan revisi saja, tanpa uji coba media pembelajaran. Sedangkan validitas pengembangan media pembelajaran kantong ajaib doraemon muatan matematika materi operasi hitung bilangan penjumlahan teknik menyimpan mendapatkan penilaian validasi dari ahli materi mencapai presentase 81,2%. Sedangkan penilian validasi dari validator ahli materi mencapai presentase 95%. Sedangkan penilaian validasi dari validator ahli desain media pembelajaran mencapai presentase 96,8%. Menjadikan validitas pengembangan media kantong ajaib doraemon digolongkan dalam kriteria sangat valid, yang artinya media pembelajaran kantong ajaib doraemon dapat digunakan dalam proses pembelajaran.} }