@thesis{thesis, author={Riza Faizal}, title ={Pengaruh Relationship Marketing terhadap Loyalitas Nasabah, dengan mediasi Kepercayaan Nasabah pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Branch Office Krian}, year={2023}, url={http://eprints.umg.ac.id/7986/}, abstract={Industri perbankan saat ini perlu memiliki strategi yang tepat untuk menumbuhkan dan mempertahankan nasabah agar dapat terus menggunakan layanan perbankan yang disediakan. Hal ini karena persaingan industri perbankan di era digitalisasi semakin ketat dan bersaing. Loyalitas terhadap nasabah merupakan salah satu pertimbangan utama untuk memajukan bisnis inti industri perbankan. karena nasabah yang loyal akan selalu tetap menggunakan jasa yang akan diberikan bank tersebut, sehingga sangat penting bagi bisnis untuk mendorong nasabah agar terus mendukung mereka. Potensi meningkatkan nasabah yang loyal adalah dengan memperhatikan Relationship Marketing yang mana dalam kajian dalam penelitian teridentifikasi kepercayaan sebagai variabel mediasi. Pendekatan penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan 110 responden yang memenuhi ketentuan. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis Partial Least Square (PLS) Structural Equation Modeling (SEM), hipotesis dalam penelitian ini adalah Diduga ada pengaruh Relationship Marketing berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Nasabah, Diduga Relationship Marketing berpengaruh Signifikan terhadap Kepercayaan, Diduga Kepercayaan berpengaruh Signifikan terhadap Loyalitas Nasabah, Diduga Relationship Marketing berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas melalui mediasi Kepercayaan. Berdasarkan hasil analisis menujukan bahwa semua hipotesis dalam penelitian ini dapat di terima. Oleh karena itu, ini mungkin merupakan strategi yang dapat memberikan keuntungan bagi bisnis yang akan datang di daerah tersebut. Manajemen perusahaan harus mengakui hasil analisis dalam makalah ini. Berdasarkan hasil analisis, relationship marketing baik yang dilakukan secara perlahan maupun cepat dengan fokus pada loyalitas nasabah maupun melalui penggunaan media pembangun kepercayaan akan memberikan manfaat yang signifikan. Akibatnya, semakin manajemen memahami hubungan pemasaran dan loyalitas nasabah, situasi yang lebih menguntungkan untuk loyalitas nasabah di Kantor Cabang BRI Krian} }