@thesis{thesis, author={Syah Bara Alam}, title ={ANALISIS POLA PEMBELIAN UNTUK MENENTUKAN BUNDLING PERSEWAAN ALAT PENDAKIAN MENGGUNAKAN STUDI KASUS SAPEK ADVENTURE}, year={2023}, url={http://eprints.umg.ac.id/8026/}, abstract={Sapek Adventure merupakan salah satu start up di bidang penyewaan alat pendakian yang sedang berkembang pesat di Gresik. Saat ini, Sapek Adventure membutuhkan strategi untuk mengembangkan bisnisnya karena adanya banyak pesaing baru di bidang sama yang turut berpengaruh dalam perkembangan bisnisnya. Strategi yang akan diterapkan yaitu paket bundling penyewaan alat sebagai strategi promosi. Untuk menentukan bundling persewaan alat pendakian diperlukan analisis pola pembelian konsumen. Analisis pola pembelian dapat dilakukan dengan metode data mining asosiasi. Metode asosiasi digunakan untuk mencari kombinasi antar item pada suatu database untuk mendapatkan aturan asosiasi. Aturan asosiasi ini diharapkan dapat membantu dalam menetapkan paket bundling alat pendakian. Algoritma yang digunakan dalam metode aosiasi ini adalah algoritma apriori. Pengujian dilakukan dengan lima kondisi support dan confidence, yaitu 0,3 dan 0,6; 0,3 dan 0,7; 0,4 dan 0,7; 0,4 dan 0,8; 0,5 dan 0,8. Rule yang dihasilkan yaitu 27, 18, 11, 4, dan 3.} }