@thesis{thesis, author={KURNIAWAN M SYUKUR}, title ={USULAN PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PADA BENGKEL DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DAN ANALISIS SWOT (Studi Kasus : Bengkel Star Giri)}, year={2019}, url={http://eprints.umg.ac.id/828/}, abstract={Bengkel adalah sarana untuk memperbaiki atau merawat kendaraan bermotor, dalam mengembangkan usaha bengkel, pengusaha bengkel harus bisa menyesuaikan keinginan konsumen seperti menjaga kepercayaan pelanggan dan menjaga kualitas pelayanan supaya pelanggan tetap memilih bengkel tersebut sebagi sarana altarnetif perbaikan dan perawatan kendaraan bermotor. Dalam penelitian ini membahas tentang usulan peningkatan kualitas layanan bengkel Star Giri, dalam usulan ini juga membahas usulan peningkatan kualitas layanan bengkel yang sesuai dengan atribut keinginan konsumen dan sesuai dengan data yangsudah dianalisa. Metode yang digunakan untuk usulan peningkatan kualitas layanan ini adalah metode Quality Function Deployment (QFD) dan Analis SWOT. Penelitian ini dimulai dengan wawancara kepada pemilik bengkel dan penyebaran kuisioner pada pelanggan untuk mengetahui atribut yang diinginkan pelanggan dan respon teknis yang dimiliki oleh bengkel. dari data yang diperoleh akan diolah sampai membuat rumah kualitas. Selanjutnya akan dilakukan analisis SWOT untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang dapat dilihat dari benchmarking antara bengel Star Giri dan bengkel pesaing (X). Berdasarkan pengolahan data dan analisa hasil yang telah peneliti lakukan maka dapat diketahui bahwa atribut yang diprioritaskan oleh pelanggan menurut nilai raw weight adalah ketepatan masalah, harga standart pasar, servis cepat dan akurat, tersedia garansi servis, pegawai yag ramah,sparepart lengkap, tersedia toilet, mekanik yang handal dan tempat tunggu yang nyaman. Berdasarkan analisa SWOT bengkel Star Giri berada kordinat Strenght-Opportunity (S-O), yang mendukung strategi agresif yaitu strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang.} }