@thesis{thesis, author={Wahyuni Nita Risma}, title ={Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Ips Kelas V Mi Muhammadiyah 03 Takerharjo}, year={2022}, url={http://eprints.umg.ac.id/8509/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh metode Mind mapping terhadap perkembangan kognitif siswa pada pembelajaran IPS kelas V MI Muhammadiyah 03 Takerharjo, pada tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan dalam mengambil data penelitian ialah metode eksperimen dengan desain Pre-test - Post-test Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Muhammadiyah 03 Takerharjo dengan sebanyak 20 peserta didik yang terdiri dari 10 peserta didik kelas VA dan 10 Peserta didik kelas VB. Teknik pengumpulan data dan instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, uji validitas, uji normalitas, uji reliabelitas, uji homogenitas, uji T dan tes kemampuan kognitif. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh temuan : Adanya pengaruh metode Mind Mapping terhadap perkembangan kognitif siswa pada pembelajaran IPS kelas V di MI Muhammadiyah 03 Takerharjo. Dibuktikan dengan Uji Paired Sample T test signifikan pada Berdasarkan tabel out put statistik tersebut, menunjukkan nilai signifikasi sebesar 0,001 < 0,05 pada kelompok eksperimen dan 0,139 > 0,05 kelompok kontrol. Maka, dapat dinyatakan bahwa H0 diterima artinya tidak ada pengaruh pada kelas kontrol karena tidak diberi perlakuan (treatment). Sedangkan pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menyatakan, H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh metode Mind Mapping terhadap perkembangan kognitif siswa pada pembelajaran IPS kelas V di lembaga MI Muhammadiyah 03 Takerharjo yang dijadikan sebagai sampel penelitian.} }