@thesis{thesis, author={Muharto Alerisky Hendar}, title ={Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Hidayat}, year={2022}, url={http://eprints.umg.ac.id/8547/}, abstract={Kepuasan pasien menjadi salah satu tolak ukur untuk menilai layanan profesional dari mutu pelayanan kefarmasian. Berdasarkan observasi awal di Apotek Hidayat, terdapat banyak pasien yang menunggu lama karena kurangnya jumlah pegawai. Selain itu, tempat parkir yang tersedia juga belum memadai . Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Hidayat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase kepuasan pasien terhadap pelayanan di Apotek Hidayat . Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 95 responden .Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pasien berdasarkan dimensi kualitas pelayanan pada dimensi kehandalan (reliability) dengan kategori puas (74%), dimensiketanggapan (responsiveness) dengan kategori puas (75%), pada dimensi jaminan (assurance) kategori puas (73%), dimensi empati (empaty) dengan kategori puas (73,4%), dan berwujud (tangible) dengan kategori puas (75%). Berdasarkan kelima dimensi didapatkan hasil 74% dengan kategori puas yang menunjukkan bahwa pasien merasa puas dengan pelayanan kefarmasian di Apotek Hidaya} }