@thesis{thesis, author={Pertiwi Hani Mega}, title ={Pelaksanaan Remedial Teaching Pada Konsep Pengukuran Di SD}, year={2022}, url={http://eprints.umg.ac.id/8819/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan remedial teaching pada konsep pengukuran di SD pada mata pelajaran matematika di kelas II-B UPT SD Negeri 12 Gresik. Pelaksanaan remedial teaching meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif studi kasus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II-B. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan vertifikasi data. Keabsahan data diuji dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perencanaan guru mendiagnosis kesulitan belajar matematika peserta didik dengan mengidentifikasi peserta didik yang mengalami kesulitan melalui analisis nilai ulangan harian matematika materi pengukuran panjang, berat, dan waktu, dan mencari tahu letak kesulitan belajar peserta didik dengan melihat hasil pekerjaannya. Pelaksanaan remedial teaching menggunakan pendekatan kuratif. Teknik yang digunakan pada pelaksanaan remedial dilakukan setelah topik berakhir yaitu akhir topik pada pukul 10.20 ? 11.00 di ruang kelas II-B UPT SD Negeri 12 Gresik. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan remedial teaching adalah pemberian tugas dan tanya jawab. Rekomendasi peserta didik yang masih mengalami kesulitan belajar adalah dengan diberikan soal-soal sebagai latihan. Bagi peserta didik yang masih remedi diberi soal dengan materi tetap dan dipelajari ulang, sementara bagi peserta didik yang sudah tuntas diberi soal dengan materi selanjutnya.} }