@thesis{thesis, author={Shahfani Alwi Rizky Nur}, title ={INOVASI BISNIS MARTABAK SHIMA FOOD MENGGUNAKAN 10 TYPE OF INNOVATION MELALUI CHANNEL DAN PRODUCT PERFORMANCE DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN}, year={2023}, url={http://eprints.umg.ac.id/9212/}, abstract={Di Indonesia saat ini semakin maraknya masyarakat yang memulai untuk membangun bisnis kuliner. Pengusaha bergerak dalam bidang kuliner di Gresik, Jawa Timur terus berinovasi untuk mempertahankan bisnisnya di tengah persaingan yang sangat ketat. Bisnis yang menguntungkan dan banyak dibutuhkan oleh banyak orang, yaitu bisnis di bidang makanan. Bisnis kuliner sedang digemari bagi kalangan pengusaha, dari situlah persaingan yang ketat muncul. Dengan banyaknya masyarakat yang membangun bisnis makanan membuat tingkat persaingan semakin ketat. Pengusaha dihadapkan persaingan dengan bisnis yang telah lebih dulu ada dengan produk yang sama sehingga membuat pengusaha pendatang baru harus berfikir inovatif dalam menjalankan bisnis mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati, mengetahui dan menganalisa penerapan inovasi produk pada martabak shima. melalui channel dan product performance yang dapat meningkatkan penjualan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripsi yang berlokasi di martabak shima Food di jalan Kapten Darmo Sugondo Gang 12G No. 63, Desa Indro Legi, Kelurahan Indro, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik. Untuk memperoleh data penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa martabak Shima Food mampu menerapkan inovasi 10 type of innovation, martabak Shima Food telah menerapkan metode Channel dan Product Performance. Taktik Non-traditional Channel dengan menjual produk martabak ke media online agar konsumen yang belum terjangkau produk martabak bisa erasakan produk martabak sekarang dengan media online. Taktik Added Functionality menciptakan produk martabak yang berkualitas dengan bahan baku yang berkualitas juga, tetapi harga yang diberikan tetap masih bisa bersaing dengan para pesaing.} }