@thesis{thesis, author={SILFIANI DENNY}, title ={PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN PRAMBANGAN-GRESIK}, year={2019}, url={http://eprints.umg.ac.id/922/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) semester I tahun pelajaran 2018/2019 dengan materi arti penting keutuhan NKRI, fungsi pancasila dan contoh/ilustrasi dalam menjaga keutuhan NKRI melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) di SDN Prambangan dengan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament). Subjek penelitian adalah kelas V dengan jumlah 23 peserta didik. Metode pengumpulan menggunakan tes tulis. Tes tersebut digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) ternyata pada observasi awal diketahui secara klasikal terdapat 61% belum mencapai ketuntasan belajar. Setelah dilakukannya TGT (Team Games Tournament) paada siklus 1 terjadi peningkatan dari 61% mencapai 78% maka dengan ini dapat dikategorikan baik. Sehingga penerapan model pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn.} }