@thesis{thesis, author={Hanifa Qisti}, title ={Profil Miskonsepsi IPA pada Siswa Sekolah Dasar ditinjau dari Tingkatan Kelas}, year={2020}, url={http://eprints.umg.ac.id/9338/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi profil miskonsepsi ipa pada siswa sekolah dasar ditinjau dari tingkatan kelas yang berbeda.Jenis penlitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara wawancara dan instrumen soal identifikasi peserta didik. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Populasi pada penelitian ini ialah siswa Sekolah Dasar kelas 3, 4, dan 5 di SD Negeri II Klotok.Berdasarkan dari hasil penelitian yang sudah dilakukan peneliti terhadap peserta didik kelas 3, 4 dan 5 SD Negeri 2 Klotok, ternyata pada diri siswa masih terdapat miskonsepsi baik kelas 3, 4 maupun kelas 5. Pada peserta didik kelas 3 ditemukan miskonsepsi di setiap peserta didik, hal ini wajar dikarenakan materi tersebut belum ditempuh oleh peserta didik kelas 3 sehingga miskonsespsi pasti ada. Pada peserta didik kelas 4 juga masih banyak ditemukan miskonsepsi, ketika dilakukan tanya jawab mereka mengatakan bahwa pada saat guru menyampaikan materi mereka kurang memperhatikan dan buku yang mereka miliki tidaklah lengkap. Selain peserta didik kelas 3 dan 4, ternyata peserta didik kelas 5 pun juga mengalami miskonsepsi, ketika tanya jawab mereka mengatakan kalau mereka lupa beberapa materi yang sudah pernah diajarkan oleh guru, mereka juga mengatakan bahwa buku yang mereka miliki tidaklah lengkap.} }