@thesis{thesis, author={MUAWANAH SITI MUHIMMATUL}, title ={ANALISIS KESULITAN BELAJAR ALJABAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 4 KEBOMAS}, year={2019}, url={http://eprints.umg.ac.id/946/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui letak kesulitan belajar aljabar yang dialami peserta didik berdasarakan 4 indikator kesulitan belajar menurut Jamaris yaitu pemahaman bahasa matematika yang kurang, kesulitan dalam persepsi visual, kesulitan dalam mentransfer pengetahuan dan kelemahan dalam menghitung Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian dalam penilitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Kebomas tahun pelajaran 2018/2019 semester ganjil, dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 19 peserta didik. Instrument pEneleitian yang digunakan adalah soal tes matematika dan pedoman wawancara. Kelayakan soal tes dan lembar angket yang digunakan dalam pengambilan data telah divalidasi oleh 2 validator. Hasil penelitian yang diperoleh letak kesulitan belajar Aljabar yang paling dominan yaitu terletak pada indikator kelemahan dalam menghitung dengan besar persentase 48,65%. Adapun besar persentase indikator yang lainnya yaitu kesulitan dalam persepsi visual 28,38%, kesulitan mentransfer Pengetahuan 20,27% dan pemahaman bahasa matematika yang kurang 2,70%.} }