@thesis{thesis, author={SISWANDANI SEPTIO}, title ={PENERAPAN PENILAIAN BERDASARKAN STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN (PERMENDIKBUD NOMOR 66 TAHUN 2013) DI KELAS IV SDN JUNREJO 02 KOTA BATU}, year={2015}, url={https://eprints.umm.ac.id/21385/}, abstract={Penilaian merupakan salah satu komponen penting yang juga tugas profesional guru dalam pembelajaran. Guru harus menggunakan berbagai teknik dan model penilaian yang diamanatkan oleh pemerintah melalui kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui penerapan penilaian berdasarkan Standar Penilaian Pendidikan di SDN Junrejo 02 Kota Batu, (2) mendeskripsikan kendala dalam penerapan penilaian berdasarkan Standar Penilaian Pendidikan di SDN Junrejo 02 Kota Batu, (3) menganalisis upaya yang dilakukan sekolah untuk memenuhi penilaian berdasarkan Standar Penilaian Pendidikan di SDN Junrejo 02 Kota Batu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Sebagai sumber data, dipilih guru kelas 4A, guru kelas 4B, dan kepala sekolah SDN Junrejo 02 Kota Batu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) penerapan penilaian berdasarkan standar penilaian pendidikan dijabarkan dalam perencanaan penilaian, pelaksanaan penilaian, dan pelaporan penilaian (2) kendala yang dihadapi guru dalam perencanaan penilaian, kurangnya kesiapan yang dilakukan guru sehingga dalam pelaksanaan penilaiannya guru kurang optimal, dan pada saat pelaporan penilaian guru mengalami kesulitan dalam menulis nilai deskripsi (3) upaya yang ditawarkan sekolah mengadakan koordinasi dengan sekolah lain mengenai penilaian, pada pelaksanaan penilaian yang dilakukan, guru mengadakan pertemuan dengan orang tua siswa dan pelaporan penilaian yang dilakukan, guru berusaha memberikan lembar konversi nilai perwali murid sehingga orang tua bisa memantau perkembangan hasil belajar anaknya.} }