@thesis{thesis, author={PRADANA DONY PRANU}, title ={PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPENDAPAT DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN KLAMPOK 2 SINGOSARI MALANG}, year={2015}, url={http://eprints.umm.ac.id/21504/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya motivasi siswa kelas 5 SDN Klampok 2 Singosari, Malang dalam mengikuti proses pembelajaran serta rendahnya keterampilan berpendapat siswa saat mengikuti kegiatan diskusi. Hal ini disebabkan oleh minimnya variasi metode mengajar yang dilakukan oleh guru. Penggunaan metode ceramah yang dilakukan guru sangat dominan , sehingga pembelajaran cenderung berpusat pada guru. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Two Stay Two Stray pada siswa kelas 5 SDN Klampok 2 Singosari, Malang, (2) peningkatan keterampilan berpendapat siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray, dan (3) peningkatan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Model pembelajaran kooperatif memiliki kelebihan dalam hal meningkatkan motivasi atau minat siswa serta pembelajaran cenderung akan berpusat pada siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Sebagai sumber data dipilih siswa kelas 5 SDN Klampok 2 Singosari, Malang pada tahun ajaran 2014/2015. Langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan adalah identifikasi masalah, perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, serta analisis data yang semuanya dilaksanakan di dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Berdasarkan hasil analisis, motivasi belajar siswa dan hasil keterampilan berpendapat siswa secara klasikal telah mengalami peningkatan. Hasil Keterampilan berpendapat siswa pada siklus 1 mencapai 70% sedangkan pada siklus 2 sebesar 93%. Sedangkan pengukuran motivasi belajar siswa pada siklus 1 mencapai 87,81 sedangkan pada siklus 2 sebesar 91,74. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan keterampilan berpendapat dan motivasi belajar siswa.} }