@thesis{thesis, author={ARDHI KRYSTAL PRAMONO}, title ={ANALISIS KINERJA KEPOLISIAN REPUBLIK INDONESIA POLRI) DALAM PEMBUATAN BUKU PEMILIK KENDARAAN BERMOTOR (BPKB) (Analisis Kinerja Polri di SAMSAT Polres Tuban)}, year={2015}, url={http://eprints.umm.ac.id/23382/}, abstract={Indonesia adalah sebuah negara yang berdasarkan atas sebuah hukum atau yang disebut sebagai negara hukum di tengah itu polisi merupakan pilar yang sangat penting karena mempunyai peranan dalam mewujudkan janji-janji hukum yang nyata. Oleh karena itu Polisi tidak hanya dituntut untuk menjadi sebuah lembaga yang besar atau unggul dalam kuantitas tetapi juga mempunyai keunggulan secara kualitas. Dari uraian di atas menjelaskan bagaimana kinerja Kepolisian di Samsat Polres Tuban dalam Pembuatan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor sebagaimana sudah menjadi tugas pokok dan fungsinya, dan langkah apa saja yang dilakukan Kepolisian sehingga menjadi lembaga yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja Kepolisian di Samsat Polres Tuban dalam Pembuatan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor. Yang kedua, untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh Samsat Polres Tuban ketika melayani pembuatan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Metode penelitian ini jenisnya adalah penelitian kualitatif diskriptif yaitu : melakukan penggambaran dan menguraikan keadaan sebenarnya yang terjadi berdasarkan fakta untuk mencari jalan pemecahannya. Sedangkan penelitian diskriptif sendiri adalah sebuah metode dalam sebuah penelitian yang mengungkapkan tentang status suatu kelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi pada masa sekarang yang bertujuan membuat sebuah diskripsi, gambaran yang lebih sistematis dan akurat. Hasil penelitian ini menemukan beberapa hal tentang kinerja dikalangan Polisi. Yang pertama Responsivitas (Daya Tanggap) petugas Kepolisian di Samsat Polres Tuban dalam memberikan pelayanan kepada pengguna pelayanan atau masyarakat. Yang kedua Reability (Kehandalan) para pegawai Kepolisian di Samsat Polres Tuban. Yang ketiga Tangibles (Bukti nyata) indikator Tangibles atau bukti fisik dalam kaitannya pelayanan BPKB, hal ini terbukti dengan tersedianya sarana dan prasarana pelayanan. Yang terakhir berupa prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, dan hambatan pelayanan BPKB di Kantor Samsat Polres Tuban. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan hasil kerja atau kualitas pelayanan di Samsat Polres Tuban sudah dapat dikatakan cukup memuaskan masyarakat. Akan tetapi perbaikan kinerja di Samsat Polres Tuban yang dilaksanakan secara terlaksana dan berkala sudah mengarah pada profesionalisme selain itu sukses atau tidaknya kinerja Polri dapat dilihat dari tingkat kepuasan masyarakat namun demikian perlu dukungan masyarakat setiap kebijakan yang dikeluarkan, yang melaksanakannya adalah masyarakat juga. Kesimpulan di atas menjadikan sebuah bahan evaluasi oleh karena itu kami memberikan rekomendasi seharusnya para petugas Kepolisian yang ditugaskan di kantor Samsat tidak diberi beban tugas lain di luar Samsat agar dapat berkonsentrasi terhadap pelayanan di Samsat demi terciptanya pelayanan yang prima bagi masyarakat.} }