@thesis{thesis, author={WIDIYANTI FENI}, title ={PERSEPSI DAN ASPIRASI SISWA DALAM MEMPERTAHANKAN NILAI KEJUJURAN PADA PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL}, year={2014}, url={https://eprints.umm.ac.id/24334/}, abstract={Kejujuran adalah hal yang sangat penting dalam prospek kehidupan sehari- hari terlebih khusunya di dunia pendidikan. Kejujuran merupakan tiang dari dunia pendidikan yang semakin jauh pendidikan ternodai dengan adanya kecurangan dalam berbagai aspek terlebih khususnya dalam melaksanan Ujian Nasional. (1) Bagaimanakah persepsi atau pendapat siswa dalam mempertahankan Nilai Kejujuran pada pelaksanaan Ujian Nasional di SMA Panjura? (2) Bagaimana aspirasi atau keinginan siswa untuk mempertahankan nilai kejujuran pada pelaksanaan Ujian Nasional di SMA Panjura? (3) Manfaat apa yang diperoleh siswa dalam mempertahankan nilai kejujuran? (4) Apa yang menjadi faktor penghambat dan pendorng dalam mempertahankan nilai kejujuran? (5) Bagaimana solusi untuk mengatasi hambatan-hambatan siswa-siswi di SMA Panjura? Tujuan penelitian yaitu (1) Mendeskripikan persepsi atau pendapat siswa dalam mempertahankan Nilai Kejujuran pada pelaksanaan Ujian Nasional di SMA Panjura. (2) Mendeskripsikan aspirasi atau keinginan siswa untuk mempertahankan nilai kejujuran pada pelaksanaan Ujian Nasional di SMA Panjura. (3) Untuk mengetahui manfaat apa yang diperoleh siswa dalam mempertahankan nilai kejujuran setelah melaksanakan ujian nasional. (4) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendorong dalam memperthankanan nilai kejujuran. (5) Untuk mengatasi solusi hambatan-hambatan yang dialami siswa-siswi SMA Panjura Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan observasi terlebih dahulu untuk mengamati bagaimana kondisi dilapangan tersebut, teknik yang kedua dengan wawancara dengan nara sumber langsung yang bersangkutan di lapangan, teknik ketiga yaitu pengumpulan data dari hasil observasi dan hasil wawncara dengan nara sumber langsung, teknik ke empat yaitu pengumpulan data diluar dari tempat penelitian yang dimaksud adalah pengambilan data seperti dari majalah Gatra yang memberi penghargaan bahwa SMA Panjura masuk 40 terbesar sekolah swasta di Indonesia, yang memberikan prestasi dalam pembelajaran serta menerapkan nilai kejujuran dalam berbagai aspek dan dalam persiapan ujian nasional. Hasil penelitian menujkan bahwa : Program Penanaman Nilai Kejujuran Pada Pelaksanaan Ujian Nasionalk dikatakan baik oleh siswa-siswi. Namun dari pada itu masih banyak aspirasi atau keinginan siswa agar selalu mempertahankan nilai kejujuran itu dalam berbagai aspek dan selalu berada di dalam diri setiap siswa dan mempertahankan sampai akhir hayat mereka masing-masing. Faktor pendorongnya dari Program penanaman nilai kejujuran ini adalah berangkat dari visi dan misi Smapara maka hal itu dijadikan dorongan untuk pelaksanaan Program penanaman nilai kejujuran tersebut. Sedangkan faktor penghambatnya datang dari siswa-siswi itu sendiri dan para pendidik. Solusi yang sedang diusahakan adalah perbaikan kepada para pendidik Smapara yang harus dipertingkatkan lagi untuk membimbing siswa-siswi selanjutnya agar siswa-siswi tersebut senang dan selalu memberikan rasa nyaman berada dilingkungan SMA Panjura Kota Malang sehingga lebih dipermudah dalam pembimbingan mereka akan pentingnya nilai kejujuran dalam pelaksanaan ujian nasional. Kesimpulan yaitu kejujuran itu sangat penting sekali dalam segala aspek terutama di dunia pendidikan, yang dimana siswa atau peserta didik adalah para calon penggerak bangsa di masa depan yang akan membawa kehidupan bangsa yang jauh lebih baik lagi dari sekarang. Maka dari itu kejujuran harus ditanamkan kepada siswa-siswi para calon generasi bangsa dan keberangkatan dari kejujran ini yaitu setiap siswa harus mempunyai rasa akan pentingnya nilai kejujuran dalam segala aspek terutama pada pelaksanaan ujian nasional agar semua itu terhindar dari kecurangan pada pelaksanaan ujian nasional.} }