@thesis{thesis, author={NORIATY NOVI}, title ={PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PENYESUAIAN DIRI MAKHLUK HIDUP TERHADAP LINGKUNGANNYA MELALUI METODE STAD PADA SISWA KELAS V SDN PESANGGRAHAN 01 BATU}, year={2014}, url={https://eprints.umm.ac.id/24614/}, abstract={Hasil observasi awal ditemukan kesulitan siswa SDN Pesanggrahan 01 Batu pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungannya, hal tersebut disebabkan oleh 1) Guru lebih sering menggunakan metode ceramah dengan mengikuti urutan materi dalam kurikulum secara ketat, guru berasumsi bahwa keberhasilan program pembelajaran dilihat dari ketuntasannya menyampaikan seluruh materi yang ada dalam kurikulum; 2) Motivasi dan aktifitas belajar siswa rendah yang ditandai dengan siswa cenderung pasif dalam hal mengajukan pertanyaan; 3) Kurangnya pemanfaatan sumber dan media pembelajaran, siswa hanya mendengar sehingga kurang kreatif dalam pengembangan ide-idenya; 4) Kemampuan siswa yang berbeda- beda di setiap anak, sehingga membuat kendala bagi guru kelas dalam pemberian materi dan pengelolaan kelas dan hasil belajar siswa yang masih rendah sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungannya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan metode Student Teams Achivement Divisions (STAD). Subjek dan tempat penelitian di SDN Pesanggrahan 01 Batu dengan jumlah siswa kelas V 25 siswa terdiri dari 9 perempuan dan 16 laki-laki. Sesuai dengan ketercapaian tujuan, penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 78,3% dengan kriteria terbaik, sedangkan pada siklus II sebesar 86% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 7,7% hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan metode STAD dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas siswa. Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 54% dan pada siklus II sebesar 92%. Berdasarkan hal tersebut terlihat bahwa hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 38% dari siklus I. Dengan demikian, melalui penerapan metode STAD dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa.} }