@thesis{thesis, author={ }, title ={Penerapan Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) Menggunakan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi pada Siswa Kelas X SMAN I Ketapang Madura}, year={2014}, url={http://eprints.umm.ac.id/25038/}, abstract={Berdasarkan observasi awal dan wawancara dengan guru dan siswa di SMAN I Ketapang Madura dapat diidentifikasi masalah yaitu pembelajaran Biologi masih belum maksimal dalam menggunakan metode pembelajaran yang variatif dan inovatif, guru masih menggunakan metode ceramah dan diskusi kelompok secara sederhana, sehingga aktivitas dan hasil belajar Biologi tidak terlalu optimal. Penilaian hasil belajar dilihat pada nilai harian selain UTS dan UAS, sehingga hanya mengukur aspek tertentu. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penerapan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) menggunakan media puzzle untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi pada kelas X SMAN I Ketapang Madura. Penelitian ini dilakukan di SMAN I Ketapang Madura pelaksanaan pembelajaran dilakukan pada 3 sampai 10 Mei 2014. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X6, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif serta jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan a) Pelaksanaan penerapan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) menggunakan media puzzle dalam pembelajaran setiap pertemuan mengalami perbaikan atau peningkatan kualitas pembelajarannya, b) Penerapan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) menggunakan media puzzle dari siklus 1 ke siklus 2 dalam peningkatan aktivitas belajar siklus 1 ke siklus 2 sebesar 9,03%, dimana jumlah peningkatan aktivitas tersebut dilihat dari berbagai aspek, c) Penerapan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) menggunakan media puzzle dalam hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 13,47%.} }