@thesis{thesis, author={LESTARI HERA YUNI}, title ={PELAKSANAAN PENILAIAN OTENTIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 KELAS I DI SD NEGERI LOWOKWARU 2 MALANG}, year={2015}, url={https://eprints.umm.ac.id/25093/}, abstract={Kurikulum 2013 mempertegas adanya pergeseran dalam melakukan penilaian. Elemen perubahan penilaian dalam Kurikulum 2013 berupa pergeseran penilaian melalui tes (mengukur kompetensi berdasarkan hasil saja) menuju penilaian otentik (mengukur kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan berdasarkan proses dan hasil). Rumuskan masalah penelitian ini yaitu bagaimana rancangan, pelaksanaan, dan hambatan dalam melaksanakan penilaian otentik berdasarkan Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskriskripsikan rancangan dan pelaksanaan penilaian otentik dalam aspek sikap, mengetahuan serta ketrampilan berdasarkan Kurikulum 2013 dan mendeskripsikan hambatan yang dialami guru dalam merancang dan melaksanakan penilaian otentik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada pembelajaran tema “Kegemaranku” subtema “Gemar Berolahraga”, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumen. Teknik analisis data melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan dan penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) rancangan penilaian otentik yang digunakan sesuai standar rancangan penilaian dalam Kurikulum 2013 yaitu berdasarkan kompetansi dan prinsip-prinsip penilaian. Sedangkan langkah guru dalam merancang penilain kurang sesuai dengan tuntutan dalam kurikulum 2013 karena meliputi pembuatan silabus, menentukan teknik penilaian dan instrumen penilaian, sedangkan pedoman pensekoran tidak disusun (2) Pelaksanaan penilaian otentik tidak sesuai dengan racangan yang telah disusun akan tetapi guru mengembangkan sendiri sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 yang mengukur aspek sikap, pengetahuan dan keretampilan (3) Kendala dalam merancang penilaian yaitu menyusunan rubrik dan upaya yang dilakukan oleh guru melihat contoh rubrik di buku guru. Kendala dalam pelaksanaan penilaian yaitu keterbatasan waktu jika harus mengikuti penilaian yang ada di buku guru, Upaya yang guru lakukan yaitu mengikuti workshop dan membaca buku tentang penilaian dalam Kurikulum 2013. Hasil penelitian ini disarankan supaya guru menyusun rancangan penilaian sesuai langkah-langkah dalam Kurikulum 2013 yang meliputi empat komponen diantaranya: penyusunan silabus, menentukan teknik penilaian, instrumen penilaian dan pedoman pensekoran.} }